FAI Unmuh Ponorogo awalnya adalah Fakultas Tarbiyah dibawah naungan Institut Agama Islam Muhammadiyah Ponorogo. Fakultas ini merupakan fakultas tertua di Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang didirikan pada tahun 1968. Awalnya penyelenggaraannya, Fakultas ini menaungi satu jurusan, yaitu jurusan Pendidikan Agama Islam dan masihmenginduk ke Kota Surakarta Jawa Tengah dengan status terdaftar. Selang sepuluh tahunkemudian, Fakultas Tarbiyah dengan Jurusannya Pendidikan Agama Islam memperoleh pengakuan dari pemerintah, hal ini berdasarkan pada Surat Keputusan Menteri Agama RINomor: 86 Tahun 1978, tanggal 15 Agustus 1978.
Bersamaan dengan proses peningkatan status Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam dari terdaftar menjadi diakui. Kemudian, pada tahun 1975 berdiri Fakultas Ilmu Sosial (FIS) dengan satu jurusan, yaitu: jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial. Selanjutnya, pada tahun 1979 dibuka Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan jurusan Pendidikan Umum/Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, yang keduanya berstatus sebagai cabang Universitas Muhammadiyah Malang. Dengan keluarnya passing out bagi fakultas cabang, maka pada tahun akademik 1982/1983 para tokoh Muhammadiyah Daerah Ponorogo dengan dukungan segenap eksponen pendidikan yang ada, sepakat untuk mendirikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo secara mandiri. Berdasarkan kesepakatan dan tekad yang bulat, para tokoh Muhammadiyah Ponorogo bekerja keras untuk mewujudkan impian besar tersebut dengan merealisasikan persyaratan untuk menjadi Universitas dengan menambahkan fakultas baru, yaitu Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik. Kemudian, pada tahun 1986, keinginan untuk memiliki Universitas Mandiri, terwujud dan hal ini bersamaan dengan keluarnya surat
keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Nomor: 0813/O/1986 tanggal 19 November 1986 tentang pengesahan berdirinya UniversitasMuhammadiyah Ponorogo dengan lima fakultas dan tujuh jurusan.

Share this Page